Bagian 1: Cinema 4D
Kita akan mulai dengan menciptakan tentakel 3D di Cinema 4D. Pada bagian ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan Bezier Tool untuk membuat splines, bagaimana menambahkan kedalaman kepada mereka splines dengan Sweep NURBS, bagaimana untuk memanipulasi Skala dan Rotasi grafik dari NURBS Sweep untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan dan bagaimana membuat bentuk 3D sehingga kita dapat menggunakannya dalam Photoshop.Jika Anda merasa kewalahan dengan semua alat yang saya sebutkan, jangan khawatir. Aku akan menjelaskan semuanya secara detail seperti yang kita kemajuan.
Catatan: Jika Anda tidak memiliki salinan Cinema 4D, Anda masih bisa melakukan tutorial ini. Download tentakel 3D yang akan kita buat di bagian tutorial dan kemudian melanjutkan ke Bagian 2: Photoshop di bawah ini.
Langkah 1: Membuat Spline
Di Cinema 4D, pilih Bezier Tool (1). Kami akan menggunakan alat ini untuk menciptakan splines dari bentuk-bentuk abstrak. Jika Anda belum pernah menggunakan Bezier Tool sebelumnya, berpikir seperti Pen Tool dari Photoshop.Klik pada tombol View dari pojok kanan area aktif untuk membuka pandangan lain dari adegan (2).
Kemudian gunakan Bezier Tool untuk membuat spline dalam tampilan depan seperti yang Anda lihat di bawah (3). Buat spline ini seperti membuat jalur di Photoshop menggunakan Pen Tool.
Sekarang kita akan bekerja dalam pandangan Kanan. Pilih Move Tool (E), pilih beberapa poin jangkar spline dan memindahkan mereka ke kiri (4). Anda dapat memanipulasi jangkar poin dari setiap pandangan (Top, Kanan, Front) untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.
Langkah 2: Membuat Splines Lebih
Buat splines lebih sedikit menggunakan Bezier Tool dan kemudian menggunakan Move Tool (E) untuk memindahkan beberapa jangkar poin sekitar untuk membuat splines berpotongan. Di bawah, Anda dapat melihat apa yang splines saya buat terlihat seperti dalam pandangan yang berbeda. Semua splines yang Anda buat akan muncul pada panel Objects.Setelah selesai, Anda dapat kembali ke tampilan Perspektif dengan mengklik tombol View.
Langkah 3: Memberikan Depth ke Splines
Jika kita membuat adegan sekarang, kita hanya akan melihat kanvas hitam. Itu karena splines yang belum ada dalam ruang 3D. Untuk memberi mereka mendalam, kita akan menggunakan NURBS Sweep.Klik pada salah satu splines dari panel Objects untuk memilihnya. Tahan Alt / Option, klik pada tombol Hyper NURBS dan pilih Sweep NURBS (1). Ini akan membuat objek Sweep NURBS dan akan menempatkan spline yang dipilih di dalamnya.
Sekarang kita perlu menambahkan bentuk dalam NURBS Sapu yang akan mengikuti bentuk spline. Saya memilih untuk menggunakan 4-Side bentuk (atau bentuk berlian). Klik pada tombol Freehand Tool dan pilih 4-Side (2). Kemudian tarik obyek ini dalam objek Sweep NURBS, tapi meletakkannya di atas spline.
Sekarang kita memiliki dua benda dalam NURBS Sapu - spline (yang merupakan kerangka bentuk kami) dan 4-Side bentuk (yang mengikuti bentuk spline) (3).
Langkah 4: Membuat Thinner Shape
Sekarang kita ingin bentuk lebih tipis. Untuk melakukan ini, kita harus mengubah ukuran obyek 4-slide.Klik pada objek 4-slide dari panel Objects. Kemudian pilih Tool Scale (T). Dalam pandangan perspektif adegan 3D, Anda akan melihat representasi dari X, Y dan Z sumbu (garis merah, hijau dan biru). Klik pada pusat sumbu tersebut dan memindahkan kursor ke kiri. Ini akan mengurangi ukuran objek yang dipilih (dalam kasus kami, obyek 4-slide). Silakan lihat gambar berikut untuk referensi.
Langkah 5: Mengatur Skala dan Rotasi yang
Klik pada objek Sweep NURBS untuk memilihnya. Lalu pergi ke Atribut panel (panel bawah Objects), klik pada tab Object dan kemudian klik pada Rincian pilihan. Anda akan melihat dua grafik. Yang pertama merupakan skala dan yang kedua rotasi.Kami ingin bentuk tentakel kami untuk memulai sangat tipis dan kemudian meningkatkan ketebalan dan berakhir sangat tipis lagi. Untuk melakukan hal ini, kita harus memodifikasi grafik Skala (1). Mulailah dengan memindahkan titik pertama dari grafik turun. Kemudian tambahkan beberapa poin yang lebih sedikit pada baris dan memindahkan mereka untuk membuat kurva seperti yang Anda lihat pada gambar berikut. Untuk membuat titik akhir dari bentuk tentakel kami tipis, memindahkan titik terakhir dari grafik skala foto. Langkah ini adalah tentang percobaan sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda puas dengan.
Sekarang kita akan menyesuaikan rotasi bentuk kami. Tambahkan beberapa titik pada grafik Rotasi (2) untuk membuat kurva dan melihat bentuk 3D untuk melihat perubahan. Sekali lagi, ini adalah tentang bereksperimen dan mencari tahu apa yang Anda suka.
Klik pada tombol Render Active View untuk melihat bagaimana adegan 3D terlihat sejauh ini (3).
Langkah 6: Ulangi
Ulangi tiga langkah sebelumnya untuk splines lain yang Anda buat. Untuk meringkas proses:- Membuat objek Sweep NURBS dan drag objek spline Anda di dalamnya
- Membuat obyek 4-Slide (atau bentuk lain yang Anda inginkan) dan seret dalam NURBS Sweep, di atas objek spline
- Gunakan Tool Scale (T) untuk mengurangi ukuran objek-4 Slide
- Pilih NURBS Sweep dan mengubah skala dan rotasi menggunakan grafik dari panel Atribut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar